Friday, July 20, 2012

Moga Bunda Disayang Allah

google image

Kebahagiaan adalah kesetiaan
Setia atas indahnya merasa cukup
Setia atas kecintaan berbagi
Dan setia atas ketulusan berbuat baik

Bukan atas gelimang harta
Pesona nama besar
Apalagi tongkat kekuasaan
Yakinlah!
(Meski semua orang tidak ada lagi yang meyakininya)

Beberapa patah kata diatas menyambut kedatangan mataku mengintip sebuah celah jendela yang berisi penuh dengan pelajaran baru, pengalaman baru, teman baru, kisah baru, cinta baru. Sangat padat, tapi setelah masuk kedalamnya, akan terasa sangat luas.

Dalam novel ini, banyak mengajarkan ku bahwa kita terlahir didunia ini untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Bukan secara kasat mata saja atau sepintas-lalu, tapi dari manapun asalnya. Mulai dari yang tampak bahkan tak diketahui orang secara langsung. Yang namanya 'beguna', menurutku mengandung makna kebaikan. Kebaikan dari dalam. Dari tempat yang tak pernah tampak oleh orang banyak. Karena itu memang rahasia Tuhan dengan yang memilikinya.

Disini aku berjumpa dengan berbagai tokoh. Ada ibu gendut, nyonya HK, tuan HK, Karang, Kinasih, dokter Ryan, Qintan, Melati, mang Jeje, bibi Salamah, suster Tya, dan yang lainnya. Mereka punya karakter yang berbeda-beda yang membuat cerita ini semakin hidup. Dari awal ku membaca novel ini, terasa sangat berbeda saat aku membaca buku yang lainnya (buku antologi, cerpen, kumpulan cerita, dll). Apa ini faktor baru pertama nyicip baca novel ya? >@_@< Beneran deh, baru pertama. :p

Mulai dari halaman 1 "Jeruk panas spesial" hingga halaman 303 "Epilog", aku sangat merasakan semua kejadian yang terjadi dalam cerita. Terasa sangat 'real'. It makes me very anxious. Penasaran dari satu kejadian ke kejadian yang lain, hingga pada titik klimaks dan akhir cerita. Very nice :D Yah! I like happy ending (but not like India's film, usually).

Ku ingin seperti karang yang bisa menjadi malaikat bagi anak-anak. Ku ingin seperti Kinasih menjadi dokter yang baik bagi masyarakat (family medicine :p). Ku ingin seperti Qintan yang punya rasa penasaran dan ketertarikan tinggi terhadap sesuatu (ilmu baru). Ku ingin menjadi bibi Salamah yang setia pada pekerjaan yang dicintainya (menjaga keluarga HK). Ku ingin menjadi ibu gendut dan nyonya HK yang selalu sabar menghadapi berbagai macam cobaan dan ujian dariNya. Yang selalu sabar mendidik dan menyayangi anak-anaknya. Yang selalu setia dan menjadi pelayan sepenuhnya untuk sang suami. Moga bunda disayang Allah... Amin.

Berikut akan dilampirkan sepenggah/ beberapa penggal kata-kalimat yang ku suka. Disini... :D

4 comments:

  1. aku juga ada buku ini dapet dari pakde cholik :)

    ReplyDelete
  2. wohoho... Enak dung bunda. Gratis. #anakkosstyle# hm, bagus kan bun cerita nya. Aku sukaaaaaa banget, terharu...

    ReplyDelete
  3. ada insyaallah... Di toga mas lebih lengkap lg pak... :D ayo baca pak, baguuuus bgt. Menginspirasi...

    ReplyDelete